Naikkan Cukai Rokok Tahun Depan, Pemerintah Kejar Penerimaan Rp 85 Triliun

Written By Unknown on Thursday, September 20, 2012 | 3:01 AM

Jakarta - Pada tahun 2013 mendatang, pemerintah berencana menaikkan cukai rokok sekitar 10 persen. Sekitar Rp 85 triliun ditargetkan masuk ke kas negara melalui sektor tersebut.

Dirjen Bea Cukai Agung Kuswandono menyebutkan target penerimaan cukai pada tahun depan sebesar Rp 85 triliun. Jumlah ini meningkat 6,46 persen dari target penerimaan cukai rokok dalam APBN-P 2012 yang sebesar Rp 79,9 triliun.

Penerimaan cukai rokok ini terdiri dari cukai Sigaret Kretek Mesin (SKM) sebesar Rp 62 triliun yang naik 5,18 persen dari target penerimaan cukai SKM tahun ini sebesar Rp 59 triliun. Kemudian penerimaan cukai Sigaret Putih Mesin (SPM) yang ditargetkan Rp 5,3 triliun atau naik 1,37 persen dari target penerimaan tahun lalu sebesar Rp 5,2 triliun.

"Kenaikan terbesar datang dari penerimaan cukai rokok untuk jenis Sigaret Kretek Tangan (SKT) yang diharapkan bisa naik 13 persen dari Rp 15,7 triliun pada tahun ini menjadi Rp 17,7 triliun pada tahun depan," ujar Agung di Jakarta, Kamis (20/9/2012).

Sementara itu, lanjut Agung, pihaknya juga menargetkan kenaikan penerimaan dari cukai etil alkohol (EA) dan Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA). Untuk EA, penerimaan cukai diharapkan bisa naik 45,6 persen dari Rp 124 miliar menjadi Rp 180 miliar pada tahun ini. Sedangkan, penerimaan cukai dari MMEA naik 15,78 persen dibandingkan penerimaan cukai tahun lalu yang sebesar Rp 3,3 triliun menjadi Rp 3,8 triliun.

Dengan demikian, total penerimaan cukai tahun depan sebesar Rp 89 triliun atau naik 6,89 persen dibandingkan penerimaan cukai tahun lalu yang sebesar Rp 83,3 triliun.

Sebelumnya, Pemerintah berencana menaikkan cukai rokok di bawah 10% tahun depan. Kebijakan ini sesuai dengan Roadmap Cukai Hasil Tembakau yang disiapkan pemerintah untuk jangka panjang.

Demikian disampaikan Menteri Keuangan Agus Martowardojo saat ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, beberapa waktu lalu.

"Akan ada penyesuaian tarif, dan khusus untuk cukai kita akan sejauh mungkin ikut dengan roadmap cukai untuk meyakinkan bahwa ini semua secara lebih sistematis dan lebih terarah, ada kenaikan di bawah 10%," ungkapnya.

(nia/hen)


Anda sedang membaca artikel tentang

Naikkan Cukai Rokok Tahun Depan, Pemerintah Kejar Penerimaan Rp 85 Triliun

Dengan url

http://safetytipsforfasting.blogspot.com/2012/09/naikkan-cukai-rokok-tahun-depan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Naikkan Cukai Rokok Tahun Depan, Pemerintah Kejar Penerimaan Rp 85 Triliun

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Naikkan Cukai Rokok Tahun Depan, Pemerintah Kejar Penerimaan Rp 85 Triliun

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger